fb dfw
twt dfw

DFW Indonesia

Inspiring common responsibility for sustainable use of marine resources

2 Komentar Untuk Artikel : " Perampok Ikan Pemicu Konflik "

  1. Natasya says:

    Wah rugi banget tuh klo penyelesaiannya cuma secara kekeluargaan dengan denda yang disepakati! Klo gitu, apa gunanya Indonesia punya Pengadilan Perikanan? Lebih baik diselesaikan secara hukum, lihat tuh pasal 1 ayat 3 di UUD “Indonesia adalah negara hukum”.
    Dan buat para pencuri, lebih baik kita memiliki kesadaran masing-masing lah! Wilayah negara kan sudah ditentukan, jadi kita juga gak boleh mencuri. Kan dosa!

    Indonesia memang kaya, tapi dari kekayaan itulah yang membuat kita harus extra menjaganya. Semangat Indonesia!

  2. MR. Jo says:

    Melegalkan nelayan asing untuk mengeksploitasi di wilayah perairan Indonesia bukan suatu solusi yang cerdas.. Hal itu hanya akan membuat nelayan lokal semakin tertekan dan termarjinalisasi.. Mereka tidak mempunyai keterampilan lain selain menangkap ikan.. Karena sebagian besar dari mereka berpendidikan rendah, bahkan banyak yang tidak pernah bersekolah.. Apabila sumber daya perikanan dieksploitasi secara besar-besaran oleh nelayan asing yang yang menggunakan trawl, sumber daya perikanan kita akan habis dan nelayan kita akan sampai di titik kehancuran.. Menurut hemat saya, apabila pemerintah melegalkan hal ini (kalau saya tidak salah hal ini memang telah dilegalkan), sejarah blue revolution versi baru akan terulang kembali..

Tinggalkan Komentar Anda disini