About DFW-Indonesia


dfwlogo

Kehancuran multidimensi (sosial, ekologis, dan ekonomi) yang disebabkan oleh praktek penangkapan ikan tidak ramah lingkungan (destructive fishing practices) telah mencapai titik yang sangat mengkhawatirkan, meruntuhkan sendi-sendi pembangunan dan mengancam keberlanjutan hidup masyarakat pesisir dan laut Indonesia.

Berbagai upaya dan inisiatif yang dilakukan oleh pemerintah maupun non pemerintah untuk mengatasinya terkesan ‘malu-malu’ dan tidak efektif, sehingga praktek tersebut terus marak, malah menjadi budaya baru yang melibatkan banyak sekali pihak. Kalau dibiarkan, masa depan masyarakat pesisir dan laut bisa dipastikan akan semakin suram.

Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia, dengan didukung oleh berbagai institusi dan individu, berupaya untuk menginisiasi melangkah di garis depan untuk mengentaskan kegiatan tersebut secara sistematis dan partisipatif. DFW Indonesia percaya bahwa percaya bahwa dengan kesadaran bergerak secara kolektif dan konsensus untuk mengentaskannya akan menjadi pilar yang kokoh untuk itu. DFW Indonesia juga memahami bahwa format kerja bermitra dan pembangunan berkelanjutan adalah solusi strategis untuk mendekati fenomena kompleks ini.

Untuk itu, DFW Indonesia mengajak siapapun untuk ikut terlibat atas nama kepedulian.

 

(Mohamad Abdi, Koordinator Nasional DFW-Indonesia)