Kurangi Diskrimimasi, Sulawesi Utara Bentuk Forum Pelindungan Awak Kapal Perikanan
Anggota PAKP Sulawesi Utara
Anggota PAKP Sulawesi Utara

Untuk mengurangi diskriminasi yang sering diterima oleh awak kapal perikanan di Sulawesi Utara, pemerintah provinsi Sulawesi Utara bersama sejumlah stakeholder menyepakati pembentukan Forum Pelindungan Awak Kapal Perikanan (Forum PAKP).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sulawesi Utara, Erni Tumundo, M.Si pada saat Rapat Koordinasi Pelindungan Awak Kapal Perikanan di Manado, senin, 11/11/2019. “Forum PAKP akan beranggotakan perwakilan perangkat daerah, lembaga swadaya masyarakat, serikat pekerja dan pengusaha sehingga menjadi forum stakeholder untuk membahas isu, masalah dan solusi terkait awak kapal ikan” kata Erni.

Forum tersebut rencannya akan dilegitimasi melalui Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara. “Forum akan bekerja selama 3 tahun, 2020-2022 dan diharapkan akan mampu memetakan masalah dan mengurangi indikato kerja paksa dan perdagangan ora g di Sulawesi Utara” kata Erni. Forum ini nanti akan terdiri dari 3 Kelompok Kerja yaitu penyelerasan regulasi, pengawasan bersama, dan edukasi, database dan pelaporan.

Sementara itu, Koordinator Nasional DFW-Indonesia, Moh Abdi Suhufan mengapresiasi rencana provinsi Sulawesi untuk membentuk Forum Pelindungan Awak Kapal Perikanan. ” Pembentukan Forum tersebut mengindikasikan komitmen Sulawesi Utara untuk memajukan industri perikanan dengan tetap mengedepankan pelindungan awak kapal perikanan, termasuk aspek HAM” kata Abdi.

Dalam kesempatan yang sama, National Project Coordinator SAFE Seas, Roosa Sibarani mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mengeluarkan sejumlah regulasi untuk melindungi awak kapal ikan. “Implementasi regulasi tersebut sangat ditentukan oleh kesiapan stakeholders seperti pengusaha dan awak kapal terutama terkait kondisi kerja diatas kapal” kata Roosa.

SAFE Seas adalah program kerjasama antara Yayasan Plan Internasional Indonesia dengan DFW-Indonesia yang akan dilaksanakan di 4 lokasi yaitu Brebes, Tegal, Pekalongan dan Bitung. Tujuan program ini untuk mengurangi indikator kerja paksa dan perdagangan orang di sektor perikanan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
DFW Indonesia

Gedung TCC BATAVIA TOWER ONE
Lantai 06 Unit 01
JL. KH Mas Mansyur, Kav 126
Jakarta Pusat, 10220
Indonesia
Email : Info@dfw.or.id
Homepage : www.dfw.or.id

Get Started